Kamis, 19 Januari 2012

Akses Servo Menggunakan Button dengan Mikrokontroler Menggunakan BASCOM AVR

Pada artikel Akses Servo Menggunakan Button dengan Mikrokontroler Menggunakan BASCOM AVR , pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang servo, yang dikendalikan dengan sebuah button, dengan menggunakan mikrokontroler Atmega32.
Apa itu servo? Motor servo merupakan kombinasi dari motor DC dengan rangkaian impan balik elektronik. Servo merupakan sebuah sistem kendali otomatis yang dipakai untuk mengatur kecepatan sebuah motor DC.
Motor servo dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu motor servo yang berputar secara kontinyu dengan kecepatan tertentu dan motor servo yang bergerak mennujukkan sudut tertentu, atau dapat disebut dengan RC SERVO. Komponen yang ada dalam RC servo adalah : motor, gearbox, potensiometer, umpan balik, rangkain control, dan driver untuk motor dc. Motor RC servo membutuhkan tiga kabel yaitu 2 kabel daya dan 1 kabel data. Lebih tepatnya 1 kabel untuk VCC 1 kabel untuk GND dan 1 kabel untuk Data.

Heheehee, cukup deh untuk teori nya, langsung ke rangkainnya :

akses servo
akses servo


Dan ini untuk program nya :

‘mirza dhanu s
‘goes-open.blogspot.com
$regfile = "m32def.dat"
$crystal = 12000000
Config Servos = 1 , Servo1 = Portd.7 , Reload = 20
Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portc.5 , Db5 = Portc.4 , Db6 = Portc.3 , Db7 = Portc.2 , E = Portc.6 , Rs = Portc.7
Config Lcdbus = 4
Config Lcd = 16 * 2
Cursor Off
Config Portd.7 = Output
Config Pinb.0 = Input
Config Pinb.1 = Input
Set Portb.0
Set Portb.1
Kurang Alias Pinb.0
Tambah Alias Pinb.1
Dim Nilai As Byte , I As Byte
Nilai = 0
Enable Interrupts
Cls
Utama:
Do
Locate 1 , 1
Lcd " Akses Servo"
Locate 2 , 1
Lcd "Nilai = " ; Nilai ; " "
If Tambah = 0 Then
Incr Nilai
Waitms 20
End If
If Kurang = 0 Then
Decr Nilai
Waitms 20
End If
Loop
______________________________________________________________________________


Akses Servo Menggunakan Button dengan Mikrokontroler Menggunakan BASCOM AVR Penjelasannya program nya:

Mungkin untuk beberapa syntax dari program ini telah dijelaskan dibeberapa postingan sebelumnya, disini aku jelasin yang intinya saja heheehe

Config Servos = 1 , Servo1 = Portd.7 , Reload = 20

perintah ini untuk mengkonfigurasi servo, servos = 1 yang berarti servo yang digunakan sebanyak satu servo. Servo1 = PORTD.7 berarti servo dihubungkan pada PORTD.7.
Reload = 20 adalah nilai dari ISR dalam satuan uS, 20 yang artinya ISR internal akan dieksekusi dalam setiap 20uS, ISR dibuat oleh TIMER0.
Set Portb.0, perintah set digunakan untuk memberikan suatu logika HIGH pada sebuah PORT
Nilai = 0 , Nilai merupakan variable yang pada program ini untuk mengatur posisi putaran
Enable Interrupts, mengaktifkan interupsi
Incr Nilai, perintah ini digunakan untuk menambah value dari Nilai.
Jika tombol ditekan atau PORT mendapatkan logika Low, karena dalam rangkaian menggunakan button aktif low, maka value dari variable Nilai akan ditambah, begitu juga dengan Decr untuk mengurangi value dari variable Nilai.

Berikut video percobaannya, Akses Servo Menggunakan Button dengan Mikrokontroler Menggunakan BASCOM AVR menggunakan servo dari tower pro dan menggunakan evaluation board produk dari artware-electronics



Cukup sekian dulu artikel Akses Servo Menggunakan Button dengan Mikrokontroler Menggunakan BASCOM AVR ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, mohon maaf apabila ada salah kata dan mohon dikoreksi. terimakasih.
Artikel Terkait Lainnya :


1 komentar:

halo mas nyo tlg bantu saya ya, mau tanya nih, kan saya mo buat suatu kontrol nilai lewat button, dimana pada waktu standby/mikro pertama dinyalakan nilainya 10(nilai as byte), dan nilai itu mau saya tambah dan kurangkan dengan button, dan perintahnya hampir sama seperti punya anda, tetapi saya punya batasan nilai itu cuma dari 0 sampai 12, jika tempat anda nilai batasan as byte jadi batasannya lebih besar dari 0-255 tetapi saya ingin nilai yang saya punyai hanya sebatas 0-12 gmn perintahnya...
thx ya sebelumnya (by:baskarapunya)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Site Search