Kamis, 16 Februari 2012

Cara Membuat PCB dengan Teknik Setrika

Temen-temen artikel Cara Membuat PCB dengan Teknik Setrika Saya akan sharing bagaimana cara membuat PCB dengan menggunakan teknik setrika.
Cara Membuat PCB sangat lah mudah, temen-temen perlu menyiapkan beberapa tool berikut untuk membuat PCB dengan teknik setrika ini :

1. PCB ( Printed Circuit Board ) polos.

     PCB polos dapat menggunakan PCB polos fiber (bahan nya lebih kuat) atau dengan PCB polos biasa.
2. Alat potong (cutter)
3. Spidol (bila dibutuhkan)
4. Penggaris
5. FeCl3 ( ferrycloride)
6. Serat Baja, atau dapat mengguanakan penggosok wajan (untuk menghaluskan tembaga pcb)
7. Setrika, tentu setrika tool yang paling utama, karena pembuatan PCB ini dengan menggunakan teknik setrika.
8. Gunting (bila diperlukan)
9. Bor PCB
10. Gondorukem ( getah damar ) bila diperlukan.


Nah, untuk Cara Membuat PCB dengan Teknik Setrika langkah-langkah nya sebagai berikut :

1. Pertama, Kita siapkan terlebih dahulu design Board nya dengan beberapa sotfware untuk membuat design PCB, salah satunya dengan menggunakan CADSOFT EAGLE, untuk temen-temen yang bingung membuat library eagle bisa dilihat tutorial nya. Dengan EAGLE, kita membuat terlebih dahulu mulai dari schematic, kemudian membuat board nya.

2. Setelah Board design nya jadi, kemudian print dalam bentuk Pdf ( Pada menu print EAGLE, terdapat pilihan untuk print Pdf). Telah jadi Pdf tersebut, print dengan menggunakan Laser print dengan menggunakan kertas glossy atau paper art. Alternatif lain untuk yang tidak punya print laser, bisa di print denggan kertas HVS biasa terlebih dahulu, kemudian kita foto copy glossy atau dapat dengan mencetak langsung ke bebrepa rental print (print laser).

3. Setelah dalam bentuk cetekan kertas Glossy ataupun Paper Art. kemudian potong sesuai dimensi board PCB yang diinginkan.

4. Setelah itu siapkan setrika ( dipanasin maksut nya ) dan bersihkan PLC Polos nya dengan serat baja ataupun dengan penggosok wajan (pembersih wajan) , gak tahu wajan ? search di google. heheehe

5. Setelah Pcb polos itu bersih dan mengkilat dan setrika sudah panas, saya saran kan memakai setrika dengan level panas yang sedang saja. Karena menurut saya hasil akan lebih bagus, dan jalur board nya tidak melebar. Kemudian setrika (sablon) glossy atapun paper art tersebut pada PCB. Teknis nya begini :
a. tempel kan kertas glossy yang terdapat gambar board rangkaian nya pada PCB.
b. Setrika dari ujung pojong kertas, sampai ujung pojok satu lagi, sampai semua tertempel. setrika lagi daru pojok ke pojok dengan arah satu arah.
c. Sampai setelah semua jalur nya terihat menempel semua, ditandai dengan fenomena terlihatnya jalur board nya yang muali kehitaman.

6. Setelah itu bawa PCB (yang sudah disetrika tersebut ) ke rendaman air, untuk direndam sekitar 10 menit, kemudian lepas kertas glossy/paper art nya, dan hasilnya akan terlihat jalur nya akan menempel pada PCB , pastikan semua jalur menempel dengan sempurna sesuai jalur yang di cetak pada glossy.

7.  Siapkan FeCl3 dan campurkan ke air ( disarankan tidak menggunakan air hangat karena akan mengkorosi PCB nya ), kemudian masukkan pcb ke cairan tsb. Sampai tembaga PCB selain jalur menghilang semua.

8. Kalau sudah selesai, angkat dan bersihkan pcb tersebut dengan air. Kemudian bersihkan tinta-tinta pada PCB tersebut dengan menggunakan bensin (atau cairan lain yang dpat menghilangkan tinta, jangan menggunakan cairan yang bisa melukai kulit tangan hehhe)

9. Setelah bersih, gosok dengan menggunakan serat baja. agar tetap mengkilat. jangan terlalu lama karena dapat menipiskan tembaga PCB nya.

10. Temen-temen dapat langsung Bor dengan Bor PCb pada hole rangkaian board nya. atau dapat di masking dengan larutan bensin + gondorukem ( getah damar merk ARDAT, dapa ditemukan di toko penjual PCB).Jika menggunakan masking tersebut harus menunggu PCB agar kering dan baru dibor. Klebihan menggunakan masking tersebut agar hasil solderan lebih bagus, dan tenol dapat dengan mudah menempel pada PCB.

11. Selesai, jadilah Board PCB dengan Teknik Setrika


OKE, temen-temen sekian dulu artikel Cara Membuat PCB dengan Teknik Setrika, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan ketik atau kesalahan kata.

Kunjungi juga beberpa produk dari kami di SINI :
Kami melayani pembuatan Minimum sistem ATmega32 dkk dan USB To serial TTL Converter.
Kami akan terus update produk-produk kami, Nah kunjungi terus ya Blog ini. Terimakasih.
Artikel Terkait Lainnya :


7 komentar:

stn= sederhana tapi nyata
thx for sharing!

Gw bkin pcb 5x gagal semua, krn tembaga nya msh ada yg nempel, blm bersih dan gambar jalur kurang jelas krn mesin foto kopi nya jelek. tp akhir nya bsa juga bkin pcb, lbh bgus pkai plastik transparan foto kopi nya. pkai hvs kurang bgus.

blog nya sip banget bro sangat membantu banget.
trim bro atas ilmux

ok makasih ilmunya gan

nice banget mas saya kemarin kesusahan nempelnya gambar di pcb sekarang saya sudah bikin dan bagus dengan katalis toner menempel lebih kuat gambar pcbnya di pcb
kunjung balig gan blog ane disini
http://caramembuatpcbdenganstrika.blogspot.com/2015/01/sebenernya-suadfah-banyaksekali-artikel.html

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Site Search