Kamis, 16 Februari 2012

Pengertian dan Macam-Macam Kapasitor

Artikel Pengertian dan Macam-Macam Kapasitor kali ini saya posting artikel yang ringan dan hal yang dasar dalam dunia elektronika. Kapasitor, apasih kapasitor itu? 
Kapasitor adalah sebuah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. 

Struktur dari sebuah kapasitor itu sendiri, terdiri dari dua buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu benda dielektrik. Benda/bahan dielektrik adalah sebuah bahan isolator yang diselipkan antara keping kapasitor. Bahan dielektrik yang umum digunakan adalah udara vakum, keramik, gelas dan lain-lain.

kapasitor


Pengertian dan Macam-Macam Kapasitor
Kapasitansi (kapasitas ) kapasitor merupakan kemampuan dari sebuah kapasitor untuk dapat menyimpan muatan elektron untuk level tegangan tertentu.

Macam-macam kapasitor :

1. Kapasitor elektrolit atau electrolytic condenser ( sering di panggil ELCO ) 
    adalah sebuah kapasitor yang umum nya berbentuk tabung, mempunyai dua kutub kaki, berpolaritas positif (biasa nya kaki yang panjang) dan berpolaritas negatif (kaki pendek). terdiri dari dua lembar kertas alumunium sebagai konduktor dan alumunium oksida sebagai dielektrik. Untuk membaca nilai kapasitansi dari sebuah kapasitor elektrolit (kapasitor polar) dengan melihat saja nilai yang tertera pada badan kapasitor, 
misal : 100uF 16 V, 16 V dimaksut adalah besar voltage yang bisa ditampung sekitar 16 V atau kurang dari 16 V tersebut. 

kapasitor elco


2. Kapasitor konstan (tetap) non polar. 
    Kapasitor yang nilainya konstan tidak berubah-ubah, terdapat tiga macam :

Kapasitor keramik , Kapasitor polyester, kapasitor kertas.

3. Kapasitor variabel, jenis kapasitor yang kapasitasnya dapat diubah-ubah. Kapasitor ini  dapat berubah kapasitas nya degnan memutar poros nya dengan obeng. 

Berikut gambar macam-macam kapasitor :

macam-macam kapasitor

Sekian artikel Pengertian dan Macam-Macam Kapasitor, mohon maaf apabila ada kesalahan kata, semoga bermanfaat terimakasih sudah berkunjung. Bagaimana menurut Anda silahkan beri komentar.

Dapatkan produk-produk dari kami disini, semoga Anda tertarik untuk membelinya.
Artikel Terkait Lainnya :


2 komentar:

jika merakit sesuatu kalau gakada kapasitor keramik atau kapasitor polister film,bisa gak diganti dengan kapasitor elektrolit atau yang lain nya yang nilai nya sama besar kecil nya. mohon pencerahan nya mas bagi saya yang kesulitan mencari nya dikota saya..

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Site Search