Rabu, 07 Maret 2012

Tips dan Trik Menyolder

solder

Hmmm solder, mungkin buat Anda yang memang hobby maupun yang berprofesi dibidang elektronika, sudah tidak asing lagi nih dengan yang namanya SOLDER. Nah disini saya ingin share pengalaman aja nih. Tips dan Trik Menyolder , Bagaimana sih cara menyolder dengan enak dan hasil yang bagus.
berikut tips dan trik nya guys :) :

1. Memilih solder yang berkualitas, tentunya dong yaa. yaa agar semua pekerjaan kita gampang, hasil bagus maka kita mungkin perlu sebuah tool yang bagus pula. Untuk solder yang berkualitas yang harga agak miring, mungkin bisa membeli solder GOOT, DEKKO dan lain-lain. Disini saya tidak menganjurkan untuk memakai solder yang mahal sobat, cukup dengan memakai solder yang memang sesuai kebutuhan, akan tetapi dengan mata solder yang bagus sobat. Agar dapat menghantarkan panas dengan baik, mata solder ada dua macam yang saya tahu nih. 
mata solder

Mata solder temperature dan non temperature. Bedanya mungkin dalam hal suhu yaa, yang temperature ini mata solder nya mampu menghantar panas dengan baik, sedangkan non temperaure lebih tidak berhubungan langsung dengan suhu nih. Pemilihan solder juga tentunya sesuai dengan kebutuhan komponen yang ingin di solder, misal : untuk menyolder komponen yang terlalu sensitif dengan suhu mungkin dapat menggunakan solder dengan besar 20-40 Watt. ex : IC, komponen2 yang rentan dengan suhu tinggi, SMD ( surface mount device ). 

2. Buatlah PCB yang baik. maksutnya apa nih? 
untuk membuat hasil solderan yang baik, kita juga harus membuat pcb yang bagus pula sobat. Dengan cara membersihkan PCB sebelum kita cetak, dengan menggunakan serat baja atau juga bisa dengan serat yang buat membersihkan pantat nya penggorengan/wajan.
Dengan menggosok nya, sampai dengan bersih, baru setelah itu kita cetak, usahakan agar PCB selalu tidak kotor atau terkena debu. Kalu memang Sobat memakai cara sablon setrika, bisa dilihat juga nih postingan saya tentang membuat pcb dengan teknik setrika. Setelah membuat PCB, usahakan memang benar2 bersih tembaganya, dapat dilakukan penggosokan ulang dengan serat yang tadi, agar tembaga PCB tetap bersih, setelah itu Anda bisa mengoles nya dengan cairan gondorukem ( getah damar ) yang dicampurkan dengan bensin/tiner agar lebih encer. Tujuan nya apa? agar timah solder dapat menempel dengan indah nya di tembaga PCB guys, dan saya sudah membuktikannya dengan hasil PCB dan soldering yang lebih bagus.

3. Memilih tenol/timah yang bagus/berkualitas.

tenol
Tenol yang berkualitas hasilnya kan lebih bagus ketimbang tenol/timah yang lebih murah. Disampaing timah ang gampang menempel pada tembaga PCB maupun hasil solderan yang lebih bersih dan kelihatan mengkilap. Untuk menghasilkan solderan yang bagus tentunya didukung PCb yang bagus pula, seperti yang dijelaskan pada poin kedua tadi. Tenol yang bagus biasanya harganya relaftif lebih mahal, untuk tenol yang bagus saya ada saran memakai tenol PANCING atau WELLSMART. Yang hasil nya lebih bagus dan bening.

4. Teknik solder yang benar.
hasil solder
lihatlah perbedaan nya
solderan jelek
hasil yang jelek
Teknik solder yang bagus, dengan menyolder timah dengan hasil yang meruncing, tidak berlebihan, menggembung, bentuk tidak jelas. Solderan yang bagus juga bergantung dengan poin poin yang tadi saya jelaskan. Sehingga usahakan hasil solderan yang agak runcing dan mengerucut di atas. 

OKE sobat, sekian dulu ya Tips dan Trik Menyolder nya, semoga bermanfaat. terima kasih.

Kunjungi juga toko online kami yaaaa, di artware electronics
Dapatkan kebutuhan komponen elektronik, kit alat elektronik disana, Anda juga dapat memesan SOLDER dengan kualitas yang bagus dan merk tertentu. Terima Kasih sudah berkunjung. Sekian






Artikel Terkait Lainnya :


7 komentar:

iya betul gan,, saya jg pake pancing.. tapi sy msh pake solder yang biasa,, yag 15rb... coz skrg jarang ngoprek elektronik...

betul sekali gan, membantu sekali penjelasannya
power supply hp

This way my partner Wesley Virgin's autobiography begins in this SHOCKING and controversial VIDEO.

You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "SELF MIND CONTROL" tactics that the CIA and others used to get anything they want.

These are the exact same secrets tons of celebrities (especially those who "became famous out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.

You've heard that you use less than 10% of your brain.

Really, that's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

Perhaps this thought has even taken place IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while driving an unregistered, beat-up bucket of a car with a suspended driver's license and with $3 on his bank card.

"I'm absolutely fed up with living check to check! When will I finally succeed?"

You've taken part in those types of questions, isn't it so?

Your own success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

Watch Wesley Virgin's Video Now!

Thanks for sharing this informative article. Click here for Best research about Custom wholesale luxury retail packaging UK Boxes for best branding".

Thank you so much for taking the time to read our blog post and leave a thoughtful comment. We are truly grateful for your feedback and words of encouragement. Read more...
https://writerocritics.com/the-top-7-mass-flow-meter-utilizing-sectors/

With aromatherapies and natural remedies that add mind-soothing essence to your life, things like the Lavender sachet, a small organza having dried lavender buds, also capture relaxation. The delicate and mind-soothing aroma of lavender has cherished the minds for centuries. Read more... https://tefwins.com/relax-and-refresh-your-mind-with-lavender-sachet/

Denver waste management alludes to the comprehensive framework that the city of Denver, Colorado, has input to handle different sorts of waste produced by its inhabitants, businesses, and education. Read more... https://tefwins.com/the-essential-guide-to-denver-waste-management/

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Site Search